Wabah Penyakit Yang Mematikan! Dan Menewaskan Jutaan Jiwa yang ada Di Dunia?

  • Share

Wabah penyakit tentunya bukanlah hal yang baik ataupun menyenangkan untuk di dengar. Penyakit merupakan perasaan yang tidak mengenakan yang kita rasakan di badan kita. Penyakit itu ada banyak jenisnya, ada yang menular, dan ada yang tidak menular.

Ngomongin masalah penyakit, ada sebuah mitos mengatakan kalau setiap 100 tahun sekali, akan ada wabah penyakit yang mengancam umat manusia di seluruh dunia. Berikut merupakan beberapa wabah penyakit yang pernah menteror dunia, versi Buleleng News.

1.Wabah Besar Marseille

Wabah Besar Marseille adalah salah satu wabah Bubonik terakhir di Eropa. Wabah ini datang ke Marseillr, Prancis pada tahun 1720, dan membunuh hampir 100.000 orang yang ada di dalam kota dan sekitarnya. Untungnya Marseille dapat pulih dengan cepat dari wabah tersebut. Aktivitas perekonomianpun hanya membutuhkan beberapa tahun untuk kembali seperti semula.

2.Wabah Kolera

Kolera merupakan penyakit akibat infeksi bakteri yang biasanya menyebar melalui air yang terkontaminasi. Penyakit ini akan menyebabkan pengidapnya mengalami diare parah dan dehidrasi. Jika tidak diobati, kolera bisa berakibat fatal dalam beberapa jam saja, bahkan pada orang yang sebelumnya sehat. Pada tahun 1817, wabah kolera mulai menyebar di luar delta Sungai Gangga. Di bulan September 1817, wabah ini sudah mencapai kota Kolkata di Teluk Bengal, dan menyebar secara cepat ke India.

3.Flu Spanyol

Flu Spanyol, yang juga dikenal dengan pandemi flu 1918, adalah pandemi influenza yang sangat sangat mematikan yang disebabkan oleh virus influenza A subtipe H1N1. Virus ini menjangkiti sekitar 500 juta orang dalam empat gelombang berturut-turut dari Februari 1918 hingga April 1920.

Sampai hari ini, asal jenis flu manusia itu belum pernah ditemukan, tetapi penelitian baru yang dilakukan oleh Institut Penyakit Menular pada Angkatan Bersenjata Amerika Serikat mengisyaratkan bahwa kemungkinan besar penyakit influenza berasal dari burung.

4.Wabah Covid-19

Infeksi virus Corona yang disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan.

Menurut data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, jumlah kasus terkonfirmasi positif adalah 6.069.255 orang, dan dengan jumlah kematian mencapai 156.695 jiwa.

banner 468x60
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.