Pesona Air Terjun Tembok Barak yang Menyuguhkan Keindahan & Kesegaran Air Pegunungan.

  • Share
Harga Tiket Air Terjun Tembok Barak, Spot Eksotis di Singaraja –  Penginapan.net 2022

Bali memang sangat terkenal dengan keindahan serta eksotika alamnya, apalagi jika kamu berkunjung ke Bali Utara maka akan menemukan air terjun yang sangat indah. Wisata tersebut bernama Air Terjun Tembok Barak Bali yang sangat populer hingga ke mancanegara.

Mencari keheningan dan ketenangan di Buleleng Bali, Air Terjun Tembok Barak menjadi pilihan yang tepat. Wisata alam yang masih asri dan dinding tebing memukau yang menjadi menarik untuk dieksplor saat berada di Pulau Dewata.

Air Terjun ini bisa dikatakan menjadi salah satu wisata baru yang ada di Pulau Dewata Bali. Setidaknya, baru terkenal melalui media sosial dikarenakan banyak perusahaan yang mengupload foto dari destinasi wisata alam ini. Alhasil, destinasi wisata Air Terjun ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Karena maraknya dan meluasnya penggunaan internet yang terjangkau hampir ke seluruh pelosok pulau Dewata Bali, membuat tempat-tempat baru bermunculan dan yang tidak kalah menariknya menyuguhkan sensasi atau nuansa yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Meskipun berada di tempat yang cukup jauh dan pelosok hutan, namun nyatanya banyak sekali orang yang ingin berkunjung ke sana. Tentunya air terjun ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan wisata air lainnya.

Air Terjun Tembok Barak, adalah pesona Bali selain pantai. Letaknya di Buleleng, menjadikan tempat tersebut menjadi destinasi wisata alam favorit, khususnya bagi kaula muda.

Air terjun Tembok Barak, terletak di desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Seperti diketahui yang menarik di desa Sambangan adalah Sambangan Secret Garden, yang saat ini menjadi tujuan tour dan trekking populer di Buleleng atau kawasan Bali Utara.

Desa Sambangan sendiri adalah desa yang cukup spesial di Kabupaten Buleleng, desa wisata menyuguhkan sejumlah objek wisata alam air terjun, termasuk wilayahnya yang terdiri dari pemandangan sawah dan beberapa tempat dengan kemiringan yang cukup curam.

Sejarah Penamaan Air Terjun Tembok Barak

Air Terjun Tembok Barak, Objek Wisata Buleleng Bali Favorit Kaula Muda

Setiap nama sebuah objek wisata memiliki kandungan makna yang menyiratkan nama tepat, pesona keindahan, legenda, hingga misteri. Nama Air Terjun Tembok Barak mengacu kepada pesona keindahannya. Kata “tembok” yang berarti batu, atau tebing, serta jika diartikan, kata barak adalah bahasa Bali, yang berarti merah.

Memang air terjun Tembok Barak ini, di dinding-dinding tebing yang mengapit air terjun tersebut seperti tembok yang berwarna merah, sehingga tidak mengherankan nama Tembok Barak disematkan untuk air terjun tersebut. Debit airnya cukup besar mengalir jernih dengan ketinggian sekitar 8 meter, sehingga menggoda setiap pengunjungnya untuk merasakan segarnya air pegunungan tersebut.

Nama lain dari Air Terjun Tembok Barak adalah :

  • Air Terjun Tembok Barak Sambangan
  • Air Terjun sambangan
  • Tembok Barak Waterfall
Terbuai Indahnya Tebing Merah di Air Terjun Tembok Barak, Buleleng -  Telenews
Tepis Bising dan Riuhnya Bali di Air Terjun Tembok Barak | Ngadem.com

Objek wisata air terjun Tembok Barak Buleleng, suasananya sangat tenang, nyaman dan asri, dinding tebing yang berwarna merah menjadi ciri khas tersendiri. Menikmati alam di sini, kamu bisa bersantai ataupun mandi merasakan segarnya air pegunungan.

Petualangan kecil anda dengan suguhan pemandangan indah akan bertambah lengkap saat berada di ujung perjalanan, disambut oleh keindahan dan keunikan dari air terjun Tembok Barak.

Tebing cantik air terjun Tembok Barak akan terlihat lebih cantik pada saat siang hari dan dalam keadaan terang, warna coklat kemerahan pada dinding tebing akan terlihat lebih jelas, berpadu indah dengan warna hijau dari lumut yang menempel pada bagian tebing lainnya.

Selain itu warna air di kolam alami di bawa air terjun berwarna hijau tosca akan menyuguhkan keindahan yang mengagumkan, apalagi bagi seorang photographer dengan angle yang tepat bisa menghasilkan gambar alam yang spektakuler

Trekking Menuju Air Terjun Tembok Barak

View Perjalanan Pertama

Namanya juga Bali, kunjungan ke objek wisata Air Terjun Tembok Barak bukan hanya sebatas wisatawan lokal saja, namun wisatawan mancanegara juga sering berkunjung ke lokasi tersebut.

Status Air objek wisata Terjun Tembok Barak merupakan objek wisata yang sedang berkembang. Namun meskipun demikian, pesona air terjun serta view di sekitar lokasi utama mampu menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Jalur trekkingnya belum tertata seratus persen, karena status objek wisatanya masih dalam tahap pengembangan. Serta terdapat turunan yang cukup curam.

Namun secara keseluruhan setelah turunan tersebut, jalur trekkingnya tidak terlalu menguras tenaga. Serta disajikan view alam sekitar yang menawan, beserta aliran air yang jernih di sepanjang perjalanan.

Turunan Curam

Di beberapa titik, warna air sungainya hijau toska. Sehingga hal tersebut menjadi sebuah sajian pembuka yang memukau pengunjung saat menuju lokasi utama Air Terjun Tembok Barak.

Perlu diingat bahwa di waktu tertentu aliran air sungai tersebut begitu deras, serta serta mempunyai kedalaman yang berbeda-beda.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Tembok Barak

Air Terjun Tembok Barak, Objek Wisata Buleleng Bali Favorit Kaula Muda

Siapa yang menyangka jika di daerah yang pelosok akan menemukan air terjun yang sangat indah. Walaupun para wisatawan yang datang harus berjalan kaki cukup jauh, namun buktinya hal tersebut akan terbayarkan dengan keelokan yang tersaji.

Pesona Air Terjun Mini

Air Terjun Tembok Barak Singaraja - Sejarah, Lokasi & Harga Tiket Masuk

Keunikan yang dimiliki oleh destinasi wisata ini terdapat pada air terjunnya yang tidak terlalu tinggi, tidak seperti air terjun pada umumnya. Yang artinya air terjun ini akan sangat aman ketika digunakan menjadi destinasi wisata bersama dengan keluarga. Terlebih lagi dengan suasana yang sangat indah dikarenakan air terjun tersebut mengalir melalui dinding tebing yang sangat tinggi. Apalagi tebing yang ada di air terjun tersebut memiliki warna yang cukup unik yaitu ke merah-merahan. Sehingga tak heran jika wisata ini diberikan nama air terjun tembok barak, di mana barak tersebut memiliki arti merah.

Banyaknya Batu di Area Air Terjun

Daya Tarik Air Terjun Tembok Barak Bali

Batu-batu yang ada di area air terjun tersebut akan menambah kesan eksotis yang dimiliki oleh destinasi wisata ini. Dengan adanya bantuan tersebut, para wisatawan bisa dengan mudah untuk memasuki kawasan air terjun.

Selain itu, dengan adanya bebatuan ini para wisatawan bisa duduk dan beristirahat jika lelah bermain air. Bebatuan yang dimiliki oleh air terjun ini cukup besar sehingga cukup untuk digunakan sebagai tempat duduk.

Memiliki Kolam yang Cukup Dangkal

Destinasi Wisata

Untuk kolam yang berada di bagian bawah air terjunnya cukup rendah, sehingga para pengunjung yang membawa anak-anak bisa dengan nyaman bermain air. Area dari kolam renangnya juga terbilang cukup luas, sehingga tidak akan berdasarkan dengan para pengunjung lainnya.

Memiliki Air yang Sangat Jernih

Air yang sangat jernih juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh wisata alam ini. Sebab biasanya banyak sekali air terjun yang memiliki air keruh sehingga sangat tidak nyaman jika digunakan untuk tempat bermain air.

Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Air Terjun Tembok Barak

Air Terjun Tembok Barak Sambangan, Destinasi Wisata Alam Terbaru di  Buleleng | Kintamani.id

Destinasi wisata ini beralamatkan di Desa Sambangan, Kabupaten Buleleng, Bali Utara. Tepatnya air terjun ini berada di Gang Cengkeh. Untuk kamu yang berangkat dari Singaraja, maka waktu yang ditempuh hanya 11 menit karena jaraknya hanya sekitar 6 km.

Jika Anda berangkat dari kota Denpasar dan melewati kawasan Bedugul. Maka jarak yang ditempuh adalah km dengan waktu kurang lebih 2,5 jam dengan berkendara.

Ketika berkunjung ke tempat ini, usahakan datang di pagi atau siang hari agar tidak terjebak macet. Dan pastikan juga jika Anda tidak datang di akhir pekan, sebab biasanya jalanan akan macet parah dan kondisi wisata akan sangat ramai.

Bagi kamu dan juga keluarga ingin berkunjung ke air terjun tembok barak maka tak perlu khawatir karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun dalam pembayaran tiket masuk, alias gratis. Akan tetapi, ada juga bisa memberikan sedikit uang seikhlasnya yang digunakan untuk amal bagi para penjaga destinasi wisata ini.

Akan tetapi, jika kamu membawa kendaraan roda dua ataupun roda empat wajib membayar biaya parkir. Karena terdapat penjaga kendaraan selama kamu menikmati pesona air terjun ini.

Mengenai destinasi wisata Air Terjun Tembok Barak Sambangan, Bali. Walaupun air terjun ini masih tergolong baru, Tidak ada salahnya bukan jika masuk ke dalam list itenary Anda ketika berlibur ke Pulau Dewata Bali.

banner 468x60
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.